Picture
_China - Tudingan miring mengenai kondisi pabrik Foxconn menghiasi berbagai media belakangan ini. Pabrik yang membuat perangkat Apple seperti iPhone dan iPad ini pun didatangi reporter media besar, CNN, yang melakukan investigasi.

Investigasi CNN mewawancarai dan merekam video seorang wanita pekerja Foxconn yang hanya disebut sebagai Miss Chen. Dia mengaku bekerja sampai 60 jam per minggu untuk membuat komponen iPad di China. Uniknya, dia sama sekali belum pernah melihat iPad secara utuh.

Ketika ditunjukkan seperti apa iPad, Miss Chen pun terkejut dan kagum. "Wow, aku menginginkan ini," sebut gadis usia 18 tahun yang tinggal di desa wilayah Chongqing, China itu.

Chen mau bekerja di Foxconn karena awalnya dijanjikan akan mendapat bayaran memadai dan bekerja tidak terlalu berat. Namun kenyataannya berbeda, dia dipaksa bekerja sangat lama di pabrik tersebut dan merasa tidak diperlakukan dengan layak.

Untuk keperluan wawancara dengan CNN, Miss Chen diajak ke sebuah restoran. Ia mengaku itulah pertama kali dia makan di restoran sejak bekerja di Foxconn.

Seperti dikutip detikINET dari Apple Insider, Selasa (7/2/2012), CNN pun menghubungi Apple terkait kondisi tersebut. Apple mengeluarkan pernyataan khusus terkait investigasi CNN dan menyatakan mereka telah berupaya keras memperhatikan setiap pekerjanya.

"Kami memperhatikan setiap pekerja di rantai suplai kami di seluruh dunia. Kami menuntut supplier menyediakan kondisi kerja aman, memperlakukan pekerja dengan martabat, dan bertanggungjawab dengan lingkungan. Suplier kami harus melakukan syarat itu jika tetap ingin berbisnis dengan Apple," demikian pernyataan Apple.

Sumber : Detik.com

 


Comments




Leave a Reply