Picture
_Taipei - Sebuah iklan yang tayang di televisi Taiwan menampilkan Steve Jobs palsu tengah menawarkan komputer tablet Android bermerek Action Pads. Iklan kontroversial tersebut menuai kritik dari para fans Apple maupun pengamat.

Dalam iklan, komedian Taiwan bernama A-Ken berdandan mirip Steve Jobs dengan jeans warna biru serta baju jenis turtleneck. Dia memakai sayap dan lingkaran di atas kepala, seperti tampilan saat ingin menggambarkan sosok malaikat.

"Memperkenalkan generasi terbaru tablet," kata 'Steve Jobs' sembari mengeluarkan Action Pad dari saku celana jeans. Sayap 'Jobs' tampak mengepak ketika memamerkan fungsi kamus.

Beberapa fans Apple pun mengungkapkan kekesalannya di dunia maya. "Mungkin tidak ada yang salah memerankan Steve Jobs, namun tidak patut memerankan dia tengah mempromosikan produk rival," tulis seseorang.

Penulis yang cukup terkenal di Taiwan, Wu Ruo quan juga mengeluarkan kritik keras. Sebab adegan dalam iklan bersangkutan dinilai tidak menghormati Jobs dan keluarganya.

Dikutip detikINET dari AFP, Selaa (7/2/2012), Sun Yi min selaku vice president Action Electronics menyatakan iklan mereka hanya untuk mempromosikan barang. Tidak ada maksud melecehkan Jobs.

"Steve Jobs selalu mempromosikan sesuatu yang bagus untuk orang-orang, yaitu produk Apple, jadi citranya juga bisa mempromosikan hal lain yang juga bagus. Kami tak punya pilihan selain memakai Android, kami tak bisa memakai iOS," kata juru bicara Action Electronics.

Steve Jobs sendiri semasa hidupnya dikenal sangat membenci Android karena menganggapnya sebagai produk curian. Pendiri Apple ini meninggal karena kanker pada Oktober 2011.

Sumber : Detik.com

 


Comments




Leave a Reply