Picture
_Jakarta - Raksasa teknologi IBM memprediksi, lima tahun lagi kita bisa mengoperasikan berbagai gadget seperti smartphone dan laptop dengan pikiran. Cukup memikirkan apa yang akan kita lakukan, maka smartphone dan laptop akan mengikuti perintah.

Para ilmuwan memang tengah berlomba menyempurnakan teknologi pembaca pikiran, termasuk IBM yang ingin membuatnya lebih mudah digunakan. Sebagai contoh, IBM ingin agar nantinya pengguna ponsel cukup memikirkan menelepon seseorang ketimbang harus menekan sederet nomor untuk melakukan panggilan.

Memang terdengar mengawang-awang, namun seperti dikutip detikINET dari The Los Angeles Times, Rabu (21/12/2011), IBM meyakinkan bahwa teknologi semacam ini akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Anda hanya harus memikirkan menelepon seseorang dan itu akan terjadi. Atau Anda bisa mengontrol kursor di layar komputer hanya dengan memikirkan ke arah mana kursor itu akan dipindahkan," tulis laporan tersebut.

Para ilmuwan di IBM dan perusahaan teknologi lain saat ini tengah giat merancang headset dengan sensor canggih yang bisa mengenali aktvitas elektrik yang dihasilkan otak. Alat ini pun bisa mengenali ekspresi wajah, tingkat konsentrasi dan pikiran seseorang.

"Dalam lima tahun lagi kita akan mulai melihat berbagai aplikasi pemula yang memanfaatkan teknologi ini, mulai dari gaming hingga industri hiburan," yakin IBM.

Disebutkan IBM, dunia medis pun bisa menuai manfaat dari teknologi pembaca pikiran untuk menguji pola otak. Cara ini sangat membantu dalam merawat penderita stroke, cacat otak dan autisme.

Sumber : Detik.com