Picture
_Jakarta - Konsumen di Indonesia barangkali lebih berminat pada printer inkjet yang murah harganya ketimbang printer laser. Namun ternyata, penggunaan printer laser diklaim jauh lebih hemat dalam jangka panjang.

"Memang harga printer laser lebih mahal ketimbang inkjet. Namun dalam jangka panjang, penggunaan printer laser bisa lebih hemat biaya sampai 60%," kata Jolene Yeo, Marketing Manager Fuji Xerox Asean di Energy Building, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Penghitungan tersebut berdasarkan estimasi pemakaian 36 ribu kertas selama 3 tahun. Ongkos yang dikeluarkan dengan printer laser diperkirakan sebesar USD 1.368 dibandingkan USD 3.600 dengan printer inkjet.

Yeo juga mengklaim printer laser lebih mumpuni secara teknologi dibandingkan dengan inkjet. Misalnya kecepatan melakukan print dapat lebih singkat dan hasil cetakan lebih bagus.

Fuji Xerox memprediksi printer laser lambat laun akan lebih diminati dibanding printer inkjet. Mereka pun berupaya mengedukasi konsumen di Indonesia mengenai kelebihan printer laser.

"Di sektor UKM, akan semakin banyak yang beralih menggunakan printer laser," imbuh Yeo. Di tahun 2012, pertumbuhan pasar printer laser di Indonesia diproyeksi sekitar 17%.